My Contact Facebook :A-Jie Neversaydie
Home » » Tips Memperkuat Sistem Keamanan Komputer

Tips Memperkuat Sistem Keamanan Komputer

Sistem keamanan dalam setiap komputer memang memiliki perbedaan. Namun, dengan banyaknya anti virus yang beredar, akan memudahkan anda untuk mencari penangkal virus. Meskipun sudah diinstall Anti Virus, ada baiknya anda tetap memeriksa keamanan komputer anda karena selain virus masih ada banyak program jahat yang selalu mengintai keamanan komputer anda.

Computer Security

Jika hal itu yang terjadi, sebaiknya anda tetap waspada dan dan menghindari hal-hal yang mengancam keamanan komputer secara keseluruhan. Berikut ini tips yang bisa anda gunakan guna lebih mengamankan komputer Windows yang anda miliki:
  1. Cek kembali komputer anda apakah windows yang sudah terinstall di komputer sudah ter-update secara otomatis. Jika belum, segera setting agar Windows terus ter-update sehingga komputer anda jauh lebih aman jika dibandingkan ketika tidak mengaktifkan auto update. Dan juga, dengan menggunakan auto update, kompatibilitas dengan aplikasi lain juga lebih terjaga.
  2. Usahakan jangan menunggu Windows anda memberikan pemberitahuan ketika OS anda harus update. Segera update windows anda dan jangan menunggu lama.
  3. Jika menggunakan Windows XP, ada baiknya anda menggunakan XP security monitor. Tambahan ini hadir dalam windows XP service pack 2. Aplikasi ini akan memberikan sebuah peringatan jika antivirus atau firewall anda tidak terpasang atau Out of date (Update terakhir sudah kadarluarsa). Dengan begini aanda akan selalu tahu kalau versi firewall anda sudah tidak update lagi.
  4. Usahakan file extension anda terlihat, karena banyak sekali virus yang menggunakan jpeg.exe untuk mengelabui Anti Virus. Sebagian besar anti virus akan lolos dalam mendeteksi keberadaan virus karena tersembunyi di dalam folder. Pastikan “hide file extensions for known file types” tidak tecentang dalam Folder Option dari Windows Explorer anda.
  5. Pastikan Web Browser anda (Seperti Firefox, Opera, Google Chrome dan Safari) anda aman. Banyaknya virus memberikan kecemasan sendiri pada saat anda membuka suatu situs internet. Untuk meningkatkan keamanan ada baiknya anda selalu update web browser anda, baik secara manual atau secara otomatis. Dan juga, jangan buka halaman-halaman website yang banyak menampilkan halaman kode JavaScript secara popo-up karena virus juga menggunakan celah ini untuk masuk ke dalam system.
    Web Browser Update
  6. Silahkan perkuat keamanan pada email anda. Banyak virus yang menggunakan email sebagai media untuk menyebarkan disi. Jangan membuka file attachment secara sembarangan, terutama jika alamat email pengirim belum anda kenal. Yang terakhir, jangan klik link yang tertera pada email secara sembarangan karena link tersebut biasanya menuju alamat website yang berisi virus. Klik hanya link yang memang anda percayai, dan dari pengirim yang sudah anda kenal sebelumnya.
  7. Jika anda sering chatting menggunakan YM (Yahoo Messenger), jangan buka link tidak jelas yang yang teman anda kirim karena bisa saja teman anda tersebut sebenarnya tidak kirim link tetapi pemgirimnya adalah virus yang sudah mengendalikan komputer teman anda.
  8. Selalu backup adat penting anda. Ada peatah mengatakan, sedia payung sebelum hujan. Hal ini juga berlaku untuk komputer. Backup semua data anda secara berkala agar jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan (Meskipun kita tidak pernah menginginkannya), kita sudah punya backup untuk data-data tersebut.
Dengan artikel ini semoga anda punya referesni untuk sedikit memanfaatkan dan memperkuat keamanan komputer anda.
Jika punya pertanyaan seputar keamanan komputer, atau anda punya pengalaman lain seputar keamanan komputer, jangan ragu untuk berbagi pengalaman dengan kami dan pembaca lain di sini.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Total Pageviews

Jam

Translate dan Ikuti

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
(+)add friend Facebook : Vgm A-Jie Neversaydie
 
Support : Creating Website | A-jie Template | A-Jie Neversaydie
Copyright © 2011. Vgm A-Jie Neversaydie - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas A-jie
Proudly powered by Blogger