My Contact Facebook :A-Jie Neversaydie
Home » » Rekor 86 Gol Messi Terancam Dicabut

Rekor 86 Gol Messi Terancam Dicabut

 Lionel Messi kini memang sudah mengalahkan rekor gol milik legenda Jerman Gerd Muller. Akan tetapi, ada pemain lain yang justru punya rekor melebihi pemain asal Argentina tersebut.
Adalah Godfrey Chitalu yang sebenarnya memiliki raihan gol melebihi torehan Messi. Chitalu bermain sebagai penyerang yang sangat produktif dalam mencetak gol. Lahir di Luanshya, ia bergabung Kitwe United pada tahun 1965. Chitalu memiliki catatan resmi dari 107 gol untuk Warriors Kabwe selama tahun 1972.

Dia dijuluki Ucar, Ucar adalah merk sebuah baterai yang terkenal di Afrika. Seorang komentator bernama Dennis Liwewe, yang memberikan julukan tersebut karena dia melihat sosok Chitalu kuat dan tak kenal lelah dalam bermain.

Chitalu membuat beberapa penampilan untuk tim nasional sepak bola Zambia, termasuk bermain di Final Piala Afrika 1978 di Ghana. Pada 1980, Chitalu mewakili Zambia pada tahun 1980 Olimpiade Moskow. Dia adalah anggota tertua dari tim dan dia mencetak gol melawan Uni Soviet meskipun harus kalah 3-1.

Pada 27 April 1993, Tim Zambia melakukan perjalanan ke Senegal untuk menjalani babak penyisihan grup kualifikasi Piala Dunia 1994 untuk pertama kalinya. Namun, pesawat yang mereka tumpangi mengalami masalah dan terjun ke laut. Chitalu tewas bersama 18 pemain lainnya.

Terkait dengan rekor gol Messi, menurut catatan resmi, Chitalu mengemas 107 gol di tahun yang sama saat Muller mengoleksi 85 golnya pada 1972. Namun, mengapa FIFA tidak mencatat nama Chitalu dalam buku rekor FIFA? ZambianWatchdog.org coba menjelaskan komentar dari FA Zambia:

FA Zambia menjelaskan bahwa mereka sedang coba membongkar arsip mereka dalam rangka untuk mendapatkan apresiasi yang dirasa layak untuk striker mereka.

Mereka mengatakan, "Kami memiliki catatan yang tercatat di sepakbola Zambia, namun sayangnya hal itu belum tercatat dalam sepakbola dunia. Bahkan saat dunia telah melihat rekaman Lionel Messi melampaui Gerd Muller, perdebatan dan diskusi kembali ke sini mengenai jumlah gol Godfrey yang justru tidak diakui," kutipan Goal, Rabu (12/12).

Pada tahun 2006, Chitalu dipilih oleh Confederation of African Footbal sebagai salah satu dari 200 pemain terbaik Afrika pada 50 tahun terakhir.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Total Pageviews

Jam

Translate dan Ikuti

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
(+)add friend Facebook : Vgm A-Jie Neversaydie
 
Support : Creating Website | A-jie Template | A-Jie Neversaydie
Copyright © 2011. Vgm A-Jie Neversaydie - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas A-jie
Proudly powered by Blogger