My Contact Facebook :A-Jie Neversaydie
Home » » Nasi Uduk Khas Tangerang

Nasi Uduk Khas Tangerang

Ini Dia Nasi Uduk Khas Tangerang Yang Bikin Jalanan Macet
Smile   Sep , 2011
Nasi Uduk Benteng Khas "Favourite"

TKP : Jl. Dr. Sitanala, Tangerang

Ramai Dahsyat Di Malam Hari

Pilihan Lauk

Sambal Godok Khas Uduk Tangerang

Nasi Uduk Siap Dihantam

NASI UDUK KHAS BENTENG
Kalau yang namanya nasi uduk, semua orang pasti sudah pernah makan. Tapi kalau Nasi Uduk Benteng, belum tentu semua pernah mencoba. "Benteng" yang dimaksud disini, mengacu kepada istilah lain dari daerah Tangerang. Tangerang/Benteng juga punya Nasi Uduk Khas daerah sendiri. Sebagai warga Yukmakaners yang besar di Tangerang, kali ini saya mau review sambil memperkenalkan salah satu kedai Nasi Uduk "Benteng" yang masih sangat setia pada ciri khas-nya, dan tentunya merupakan salah satu tujuan kuliner yang "fenomenal" di Tangerang.


KEDAI NASI UDUK "FAVOURITE" YANG SELALU "DISERBU" PENGUNJUNG
Namanya juga Nasi Uduk Khas Benteng, sudah pasti banyak kedai yang menjual makanan ini di daerah Tangerang. Tapi, kedai yang saya review kali ini, adalah kedai yang paling sensasional. Sensasional dalam arti selalu diserbu pengunjung, baik pengunjung setia, maupun pengunjung yang baru mendapatkan referensi dari rekan-rekannya.

Namanya adalah Kedai "Nasi Uduk Favourite". Pemberian nama dengan kata bahasa Inggris yang agak "aneh" ini sudah barang tentu menunjukkan bahwa kedai ini bukan tempat makan yang mewah-mewah. Menempati sebidang lokasi di pinggir jalan Dr. Sitanala. Bagi yang jarang main ke Tangerang, pasti agak kurang familiar dengan Jalan ini. Jalan ini terkenal karena ada Rumah Sakit Penyakit Kusta Dr. Sitanala di situ, dan jalan ini merupakan jalan akses dari Tangerang menuju ke pintu M1 Bandara Soekarno Hatta. Kedai "Favourite" terletak sejajar dengan RS Dr. Sitanala, hampir berdampingan dengan Pom Bensin.

Ciri khas yang tak mungkin terlewatkan adalah tumpukan parkiran mobil para pengunjungnya. Jangan kaget bila mendapatkan kedai dengan tenda seadanya ini didatangi mobil-mobil pengunjung, yang panjang parkirannya bisa sampai 10-15 mobil sekaligus.

Kedai ini hanya buka di malam hari. Buka kira-kira mulai jam 18.00, dan tutup biasanya sampai jam 22.00 - 23.00. Tempatnya sangat tidak nyaman dan tidak menarik. Kalau siang, tempat ini merupakan sebuah toko hewan unggas, sehingga masih ada sedikit-sedikit bau unggas yang ter-endus. Tempatnya sempit, dengan kebersihan apa adanya.

Kalau kita datang pas pada waktu sedang ramai-ramainya, tidak jarang kita harus "menjemput bola" dengan berdiri di etalase tempat makanan dipajang, dan mengambil ambil sendiri lauk-lauk yang kita inginkan. Juga terkadang harus menuangkan sendiri air teh ke dalam gelas untuk kita minum. Bukan berarti pelayanannya lambat, tapi seluruh orang disitu sudah demikian sibuknya, dan begitu banyaknya orang yang memesan baik untuk makan di tempat atau dibawa pulang, sehingga semuanya jadi keteteran.


NASI UDUK BENTENG DENGAN SAMBAL GODOG-NYA
Seperti apa sih Nasi Uduk Benteng itu? Sebenarnya tidak banyak beda dengan nasi uduk biasa. Bedanya hanya terdapat di variasi lauk dan sampingannya saja.

Seporsi Nasi Uduk Khas Benteng punya beberapa unsur pendamping wajib yaitu :
Bihun Goreng
Semur Jengkol
Semur Kentang
Kerupuk "kampung" warna oranye
Irisan ketimun
Sambal Godog

Kemudian, setelah itu baru kita bisa tambahkan dengan beberapa lauk lainnya seperti telur balado, telur dadar, tahu-tempe goreng, ayam goreng, dan lainnya sesuai selera.

Untuk yang tidak begitu "hobi" makan jengkol, mungkin semur jengkolnya boleh di-skip saja. Tapi, kalau untuk sambal godog-nya, wajib untuk dipakai. Sambal Godog adalah sambal yang dimasak dengan tomat dan bumbu lainnya. "Godog" disini maksudnya adalah "masak". Rasanya enakkk sekali. Tidak pedas tajam, tapi terasa lebih ringan dan kaya rasa.

Di Kedai "Nasi uduk Favourite" ini, nasi uduknya sangat gurih. Kualitas berasnya sangat bagus, sehingga nasi-nya pulen. Bihun goreng -nya standar saja. Semur jengkol-nya, manis dan enak. Yang terutama, sambal Godognya memang terasa lebih enak dibandingkan kedai nasi uduk lainnya.

Pemberian porsi-nya pun sangat "royal" sekali. Kerupuknya bisa tambah sesuka hati kalau kurang. Bawang gorengnya sampai menutupi seluruh penampakan nasi. Sambal godognya pun boleh kita bolak-balik minta kalau masih ketagihan. Seporsi Nasi Uduk dengan printilan-printilan dasarnya itu dihargai Rp 7.000,- per piring.

Untuk Lauk pendamping lainnya:
Ayam Gorengnya lembut. Bumbu kuningnya meresap sampai ke dalam (Rp 9.000)
Telur Baladonya enak. Warnanya merah pekat. Sedikit wangi daun jeruk (Rp 3.000)
Perkedel-nya enak. Memakai sedikit daging corned di dalamnya (Rp 2.000)
Tahu -tempenya biasa-biasa saja. Tahunye keras, tempenya tawar (Rp 2.000)
Telur Asin-nya boleh di skip saja. Rasanya tawar. (Rp 3.000)


KALAU ADA PERLU KE BANDARA, BOLEH YOK SINGGAH KE SINI

Saya sempat berbicara dengan seorang pengunjung di sana, yang kebetulan berasal dari Jakarta. Saya tanya. "Pak kok jauh amat dari Jakarta cuma mau makan nasi uduk disini?" Lalu di bilang "Referensi dari teman saya, kalau sedang dekat-dekat Bandara, usahakan mampir sebentar makan nasi uduk"

Lokasi yang memang tidak jauh dari pintu M1 Bandara Soetta ini, memang menjadi suatu keunggulan untuk bisa di-referensi-kan ke rekan-rekan. Kalau untuk sengaja datang jauh-jauh ke sini, memang terasa kurang cocok. Tapi kalau kebetulan sedang dekat daerah sini, saya STRONGLY SUGGEST untuk mampir makan nasi uduk ini.

Dari Maksimal 5 Senyuman , saya beri penilaian:

Tempat dan Kenyamanan :
Rasa Dan Loyalitas Pada Ciri Khas :
Harga : (Tidak Mahal lho)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Total Pageviews

Jam

Translate dan Ikuti

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
(+)add friend Facebook : Vgm A-Jie Neversaydie
 
Support : Creating Website | A-jie Template | A-Jie Neversaydie
Copyright © 2011. Vgm A-Jie Neversaydie - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas A-jie
Proudly powered by Blogger