My Contact Facebook :A-Jie Neversaydie
Home » » 15 Tips Membuat Website Tampak Lebih Profesional

15 Tips Membuat Website Tampak Lebih Profesional

 posted By Vgm Ajie NeverSaydie , under


Bagaimana cara membuat website atau blog Anda tampak lebih profesional? Website ataupun blog yang terlihat lebih profesional tentu akan lebih baik untuk kemajuan website Anda. Pengunjung akan selalu kembali dan menunggu update terbaru dari website atau blog Anda.

Tidak hanya itu, Andapun bisa ditawarkan kerjasama oleh web master lainnya, baik dalam bisnis, berbagi trafik, ataupun hal lainnya.

Nah, bagi Anda yang ingin websitenya tampak lebih profesional, lakukanlah tips-tips di bawah ini.


  1. Gunakan template yang bagus dan nyaman dilihat.

    Template yang bagus tentu akan membuat pengunjung betah berada di website Anda. Template yang bagus tidak berarti harus dengan desain yang luar biasa. Terkadang template yang sederhana atau minimalis juga bisa dipakai. Asalkan pengunjung merasa nyaman dengan tampilan template Anda.

  2. Usahakan halaman depan tidak terlalu berat.

    Halaman depan harus Anda berikan perhatian yang lebih. Karena kebanyakan pengunjung datang ke website Anda melalui halaman depan (homepage). Lalu bagaimana jika halaman depan website Anda memerlukan waktu yang lama untuk dibuka.

    Sebagian pengunjung mungkin akan pergi mencari website lain. Terutama bagi pengunjung yang koneksinya kecil. Jadi halaman depan sebaiknya dibuat seringan mungkin agar pengunjung merasa nyaman.

  3. Buat menu navigasi dengan rapi.

    Menu yang ada pada navigasi juga perlu diperhatikan. Usahakan menu tampil dengan rapi dan dengan variasi warna yang bagus.

  4. Jangan terlalu banyak memasang banner ataupun gambar lainnya.

    Sebaiknya Anda memasang banner seperlunya, tidak terlalu banyak. Termasuk juga gambar-gambar lain, sebaiknya dikurangkan. Karena hal ini selain membuat website Anda menjadi berat, juga akan menggangu kenyamanan pengunjung.

  5. Jangan membuat animasi atau flash pada website Anda.

    Animasi atau flash mungkin terlihat bagus, karena gambarnya yang bergerak. Namun tidak bagi pembaca. Mereka akan menjadi tidak konsentrasi dalam membaca tulisan Anda dengan adanya animasi-animasi ini. Jika memang dirasa perlu, sebaiknya dikurangkan.

  6. Jangan terlalu banyak membuat link.

    Gunakanlah link seperlunya. Jangan terlalu banyak memasang link karena akan membingungkan pembaca. Atur link sedemikian rupa hingga tersusun rapi. Juga pada postingan Anda, link yang banyak akan merepotkan pembaca dalam memperdalam materi mengenai postingan Anda tersebut.

  7. Buat warna latar/background halaman yang tidak menggangu tulisan.

    Satu lagi yang dapat menggangu kenyamanan pengunjung, yaitu pewarnaan pada background. Banyak template menggunakan background yang mengganggu pengunjung dalam membaca tulisan Anda.

    Maksudnya, warna background ini menutupi atau hampir sama dengan warna tulisan. Memang ini biasanya terjadi sebelum semua template ter-loading. Tapi apakah setiap pengunjung harus menunggu hingga semuanya terbuka. Tentu tidak, jadi ini juga perlu Anda perhatikan.

  8. Tidak boleh ada link yang error.

    Salah satu hal yang menunjukkan keprofesionalan suatu website, yaitu tidak ada link yang error. Link error ini bisa terjadi pada kesalahan mengetik link, juga pada halaman yang tidak ditemukan.

    Ini juga akan menggangu kenyamanan pengunjung dalam menjelajahi website Anda. Jadi, jika ada perubahan link ataupun halaman yang sudah dihapus, segera perbaiki link tersebut.

  9. Buat logo untuk website Anda.

    Saya pikir ini merupakan hal terpenting dalam membuat website yang profesional. Logo ini akan melambangkan website Anda dan tentu pengunjung akan lebih mengenal website Anda.

    Logo tidak harus sebagus mungkin. Tapi, jika logo Anda lebih bagus lagi tentu akan lebih baik. Yang jelas logo ini bisa membedakan website Anda dengan yang lain.

  10. Tunjukkan topik website Anda pada halaman depan

    Apa topik yang ada pada website Anda? Topik bisa dalam bentuk yang umum ataupun khusus. Misalnya untuk tutorial, bisa terbagi menjadi tutorial blog, tutorial photoshop, tutorial HTML, dan sebagainya.

    Nah, topik ini harus diperlihatkan pada halaman depan. Karena ini juga akan membuat pengunjung lebih mengenal website Anda.

  11. Tunjukkan ciri khas website Anda.

    Banyak hal yang bisa Anda jadikan sebagai ciri khas website Anda. Termasuk diantaranya logo, banner, address bar icon, warna template, dan lain-lain.

    Mengenai logo sudah dijelaskan di atas. Untuk banner tidak jauh berbeda dengan logo, hanya pada banner biasanya terdapat tulisan-tulisan. Begitu juga dengan address bar icon, hanya saja letaknya pada address bar yang ada pada browser.

    Mengenai warna template, maksudnya menunjukkan warna khas template Anda. Misalnya warna biru, tunjukkan warna itu pada bagian-bagian dari website Anda. Ini juga akan membedakan website Anda dengan yang lain.

  12. Tampilkan link menuju halaman-halaman dasar.

    Halaman yang dimaksud di sini, seperti halaman Home, About, Contact, Exchange Link, dan yang lainnya. Setiap website terkenal biasanya memiliki halaman-halaman ini. Link ini bisa ditampilkan di bagian atas website ataupun bagian bawah.

  13. Tampilkan kategori-kategori utama.

    Tampilkan kategori-kategori yang terpenting dan terutama dalam website Anda. Ini akan memudahkan pembaca dalam berselancar di website Anda. Kategori ini bisa ditampilkan pada menu navigasi, bisa juga pada sidebar.

  14. Tunjukkan kehebatan dari website Anda.

    Satu lagi, tunjukkan kehebatan website Anda. Kehebatan yang dimaksud bukan untuk menyombongkan diri. Tetapi hal ataupun prestasi yang sudah dicapai oleh website Anda.

    Misalnya seperti alexa rank, google pagerank, data pengunjung, dan hal lainnya. Ini akan meningkatkan keyakinan pengunjung bahwa website Anda betul-betul hebat dan profesional.

  15. Tulis artikel-artikel yang berkualitas.

    Yang terakhir juga tak kalah pentingnya, yaitu artikel-artikel yang Anda tulis. Tulis konten yang informatif dan berkualitas.

    Artikel yang berkualitas juga akan mampu memecahkan atau menyelesaikan masalah pengunjung. Ini tentunya akan sangat membantu pengunjung website Anda.

Itulah 15 tips yang bisa Anda gunakan untuk membuat website atau blog Anda tampak lebih profesional. Bagaimana, apakah Anda merasa puas dengan tips-tips ini. Jika iya, saya berharap Anda mau menerima artikel-artikel selanjutnya dengan berlangganan di sini.

Terima kasih, selamat berjuang!
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Total Pageviews

Jam

Translate dan Ikuti

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
(+)add friend Facebook : Vgm A-Jie Neversaydie
 
Support : Creating Website | A-jie Template | A-Jie Neversaydie
Copyright © 2011. Vgm A-Jie Neversaydie - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas A-jie
Proudly powered by Blogger